KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TERNATE " PROFESIONAL, SINERGI, DAN MILITAN " EMERGENCY CALL : 115 | TELP : (0921) 3120069 ; 081352518454 (WHATSAPP) | EMAIL : sar.ternate@basarnas.go.id | FACEBOOK : Humasbasarnasternate | INSTAGRAM : Basarnas_Ternate |


Memasuki Hari ke 4 Pencarian warga Patani Utara terus dilakukan Tim SAR Gabungan


(Patani Kab. Halteng, 14/01/2023). Memasuki hari ke 4 (empat), pencarian terhadap seorang warga yang diduga terseret arus saat sedang memancing ikan di pantai Desa Bilifitu, Kec. Patani Utara, Kab. Halmahera Tengah terus dilakukan oleh Tim SAR Gabungan. Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas, TNI/Polri, BPBD Halmahera Tengah, Dinas Kominfo Kab. Halmahera Tengah, dan Masyarakat setempat melaksanakan pencarian dengan berbagai metode di antaranya pencarian di atas permukaan, penyelaman, pencarian dengan menggunakan Aqua Eye, hingga pemantauan via udara dengan menggunakan drone.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman, S.E menjelaskan bahwa di hari ke 4 (empat) ini, Tim SAR Gabungan dibagi menjadi 3 (tiga) SRU (Search Rescue Unit). "SRU 1 (satu) terdiri dari Basarnas, TNI/Polri dan BPBD dengan menggunakan rubber boat melakukan pencarian di sebelah Utara LKP dengan luas area 37.9 Nm2. SRU 2 (dua) dengan menggunakan Longboat milik masyarakat melakukan pencarian di sebelah Barat LKP dengan luas area 83.8 Nm2. Sementara SRU 3 (tiga) masih dengan menggunakan Longboat milik masyarakat melakukan pencarian hingga ke arah Utara dari Pulau Sayafi dengan luas area 100 Nm2".

Namun pencarian yang dilaksanakan oleh Tim SAR Gabungan masih belum membuahkan hasil. "Tim SAR Gabungan telah melaksanakan pencarian sejak pukul 07.30 WIT hingga 17.55 WIT, dengan hasil masih Nihil. Kendala utama yang dialami oleh Tim SAR Gabungan adalah Cuaca ekstrim. Kita tahu bersama bahwa lokasi kejadian berada di Laut Halmahera yang mana terhubung langsung ke Samudera Pasifik, ini menyebabkan cuaca di lokasi sering berubah-ubah. Namun, semangat Tim SAR Gabungan tidak akan kendor dan akan berupaya semaksimal mungkin", ujar Kepala Basarnas Ternate.

Setelah melaksanakan debreafing dan evaluasi, Tim SAR Gabungan memutuskan untuk menghentikan sementara pencarian, dan akan dilanjutkan besok hari, Minggu 15 Januari 2023 pukul 07.30 WIT. Seperti diketahui sebelumnya, bahwa pada tanggal 10 Januari 2023 pukul 15.00 WIT, Korban bersama adiknya berniat mancing di dekat Dermaga Binisowlo, Saat korban memancing, adiknya menunggu di pantai, sampai saat waktunya untuk pulang, korban tidak kunjung kembali. (ikhsannur)

Data Korban
Nama    :  Nurma Ahad
Agama  : Islam
Umur    : 59 tahun
J/K        : Perempuan
Alamat  : Desa Bilifitu, Kec. Patani Utara, Kab. Halmahera Tengah

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : fahari
14 January 19:00 WIB