AVIGNAM JAGAT SAMAGRAM "SEMOGA SELAMATLAH ALAM SEMESTA BESERTA ISINYA"


Hujan Deras mengguyur beberapa Desa di Kabupaten Halmahera Utara terendam banjir


(Tobelo, 16 Januari 2021) Hujan deras yang mengguyur Kab. Halmahera Utara mengakibatkan beberapa desa terendam banjir. Seperti yang dilaporkan oleh Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Tobelo, M. Rizal Kamis bahwa terdapat 5 Desa di Kab. Halmahera Utara yang terendam banjir sehingga mengakibatkan warga mengungsi. Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan telah digerakkan menuju desa terdampak untuk membantu BPBD Kab. Halmahera Utara mengevakuasi warga.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah, S.H., M. Si menerangkan bahwa hujan deras yang mengguyur wilayah Kab. Halmahera Utara terjadi sejak pukul 03.00 WIT dini hari. Hingga pukul 16.00 WIT, ketinggian air sdh mencapai 80 cm - 1 meter di beberapa desa terdampak. "Setelah berkoordinasi dengan BPBD Kab. Halmahera Utara, Basarnas Ternate langsung mengerahkan Tim Rescue Pos SAR Tobelo menuju ke desa terdampak. Sekitar pukul 18.55 WIT, Tim telah tiba di Desa Bailangit, Kec. Kao Barat dan langsung berkoordinasi dengan tim gabungan. Proses evakuasi berlangsung hingga pukul 23.00 WIT di beberapa desa terdampak." sambung beliau.

Kepala Basarnas Ternate juga menambahkan bahwa ada beberapa warga yang memilih untuk tetap tinggal di desanya. "Beberapa Pria dewasa memilih untuk tetap tinggal di rumahnya masing-masing, namun untuk bayi,balita, lansia dan ibu-ibu telah dievakuasi semua oleh Tim SAR Gabungan. Proses Evakuasi berlangsung di 5 Desa yaitu Desa Bailangit, Desa Somahotek, Desa Tiguis Parseba, Desa Pitago dan Desa Soa Hukum dengan total jumlah korban yang dievakuasi sebanyak 485 jiwa. Tim SAR Gabungan yang terlibat antara lain dari Pos SAR Tobelo, BPBD Kab. Halmahera Utara, Kodim 1508 Tobelo dan Polres Halut. Kita juga dibantu oleh para masyarakat desa terdampak." tutup beliau. (fahari)



Kategori Berita Kansar , General Berita , Bencana .
Pengunggah : fahari
17 January 8:00 WIB