AVIGNAM JAGAT SAMAGRAM "SEMOGA SELAMATLAH ALAM SEMESTA BESERTA ISINYA"


CPNS Formasi Tahun 2019 Basarnas Ternate jalani Orientasi Pra Latdas SAR


(Ternate, 07 Januari 2020) Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah, S.H., M. Si membuka secara langsung Masa Orientasi Pra Latdas SAR bagi CPNS Formasi tahun 2019 di Lapangan Basarnas Ternate.

Pada tahun 2019, Basarnas Ternate mendapatkan kuota CPNS sebanyak 7 formasi yang terdiri dari 5 formasi Rescuer (SMA), 1 Formasi Operator Komunikasi (D3) dan 1 Formasi Analis Keuangan (S1). Dikarenakan Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada awal tahun 2020, sehingga proses seleksi diundur hingga akhir tahun 2020. Ketujuh orang CPNS ini nantinya akan menerima materi Orientasi dari para Instruktur Basarnas Ternate terkait materi teknis SAR terdiri dari MFR, Water Rescue, Jungle Rescue, High Angle Rescue Technique, Vehicle Accident Rescue, Collapsed Structure Search and Rescue, Confined Space Rescue serta pengetahuan tentang Peralatan Komunikasi selama 9 hari lamanya.

Dalam amanatnya, Kepala Basarnas Ternate menyampaikan agar seluruh peserta Orientasi CPNS dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh Instruktur dengan sebaik-baiknya. "Pelajari, Pahami, dan bertanyalah kepada Instruktur apabila ada materi yang belum dipahami secara utuh. Terkhusus kepada formasi Rescuer, kalian harus benar-benar menguasai ilmu SAR dasar ini dengan baik, kalian merupakan ujung tombak BASARNAS dalam memberikan pelayanan prima terhadap Operasi Pencarian dan Pertolongan. Kepada formasi D3 dan S1 juga harus memahami betul ilmu SAR tingkat dasar ini, karena tidak menutup kemungkinan kalian juga akan dilibatkan dalam Operasi Pencarian dan Pertolongan di lapangan. Itulah uniknya PNS Basarnas, ada Kecelakaan maupun Musibah dan Bencana dengan skala besar, mau dia formasi SMA, D3, S1, pejabat, semua akan dikerahkan ke lapangan untuk pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan. Tugas Pokok dan Fungsi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan bukanlah Lembaga Administrasi melainkan Lembaga Operasional yang memberikan pelayanan jasa di bidang Pencarian dan Pertolongan", ujar beliau.



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : fahari
7 January 17:00 WIB