AVIGNAM JAGAD SAMAGRAM "SEMOGA SELAMATLAH ALAM SEMESTA BESERTA ISINYA"


Sebanyak 180 Siswa-Siswi Paud Telkom Ternate Kunjungi Basarnas Ternate


Ternate - Rabu 13/02/19. Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate menerima Kunjungan Siswa-siswi dari Paud Telkom Ternate Sebanyak 180 Siswa siswi.

Tiba sekitar pukul 08.45 WIT, para anak usia dini tersebut kemudian diarahkan oleh Kakak-kakak Instruktur Kantor Basarnas Ternate menuju Gedung Serbaguna guna menyaksikan video-video SAR serta diajarkan juga apa yang harus kita lakukan ketika terjadi Gempa Bumi. Kemudian dilanjutkan menuju ke Gudang Sarana dan prasarana, untuk dikenalkan berbagai macam peralatan yang dimiliki Basarnas Ternate.

Kunjungan diakhiri dengan menaiki kendaraan ATV (All Terrain Amphibious) oleh para instruktur mengelilingi lapangan upacara serta halaman Kantor Basarnas Ternate. Kendaraan ATV adalah salah satu kendaraan milik Basarnas Ternate yang mempunyai kemampuan untuk dapat digunakan dalam operasi SAR di daerah yang berlumpur.

Kasubsie Sumber Daya Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Halidin Labidu S.Pd mengatakan Program ini merupakan program rutin Dari Basarnas Pusat untuk Pengenalan SAR sejak Usia Dini. Di Negara Maju seperti Amerika Serikat, pengetahuan tentang SAR (Search and Rescue) merupakan pengetahuan wajib bagi seluruh warga negaranya, sehingga Indonesia yang merupakan Negera berkembang mencoba untuk menerapkan metode tersebut. Tercetuslah program SAR Goes To School. Kegiatan ini tidak harus diadakan di Kantor Basarnas Ternate, di lokasi sekolah pun dapat dilakukan, jadi tidak perlu pihak sekolah datang jauh-jauh dari Sekolahnya menuju kantor kami di Jambula.

Program SAR GOES TO SCHOOL ini untuk Siswa Siswi Mulai dari Tingkat TK,SD SMP dan SMA. Untuk mengikuti SAR GOES TO SCHOOL Silahkan Dari Pihak Sekolah Mengajukan Surat Permintaan kepada Kantor Basarnas Ternate dan program ini GRATIS tidak di Pungut Biaya. Ke depannya Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) akan mencoba melakukan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar Pengetahuan SAR (Search and Rescue) ini dapat dimasukkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di tingkat SMP hingga SMA. "Pungkas Halidin".



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : fahari
13 February 15:00 WIB