AVIGNAM JAGAD SAMAGRAM "SEMOGA SELAMATLAH ALAM SEMESTA BESERTA ISINYA"


Kansar Ternate Ikut Serta Dalam Latihan Tanggap Darurat Bandar udara Sultan Babullah Ternate


Ternate – Rabu 8/11/2017 Bandar Udara (Bandara) Babullah Ternate menggelar simulasi penanganan kecelakaan pesawat terbang dengan melibatkan instansi terkait untuk melatih kesiapsiagaan petugas dalam menghadapi situasi darurat,Kantor SAR Ternate Yang dilibatkan dalam latihan tersebut mengirimkan Team yang beranggotakan 6 orang sebagai team evakuasi ,sementara itu Kasubsie Operasi Kansar Ternate, Syaiful Wijanarta, S.E juga dipercayakan sebagai komandan team evakuasi yang melibatkan team sar gabungan dari beberapa instansi.

Diskenariokan pesawat Malucas Air, dengan rute Jakarta - Ternate yang membambawa kurang lebih 47 penumpang itu mengalami kerusakan enjine di bagian kanan dan tergelincir ke kiri akhirnya terbakar saat mendarat di landasan pacu Babullah Ternate.

Para penumpang pesawat Molucas Air akhirnya berhasil dievakuasi dengan selamat atas kesiapsiagaan petugas gabungan baik petugas dari Bandara, Basarnas, Dinkes, Damkar maupun petugas yang telah disiagakan.

Simulasi tersebut digelar di bagian utara landasan pacu bandara Babullah Ternate yang di pimpin langsung oleh kepala Bandara (Kabandara) Babullah Ternate, Saeful Bahri.

Saeful Bahri mengatakan, latihan penanggulangan gawat darurat ini harus di lakukan selama dua tahun sekali secara periodek dengan melibatkan seluruh stekholder tarkait.

"Maksud dari simulasi ini untuk melatih kesigapan, jika ada terjadi hal-hal yang bersifat emergency yang bisa mengakibatkan kecelakaan pada pesawat tersebut," ungkapnya.

"Mulai tahun ini, simulasi seperti ini akan kita laksanakan secara rutin, karena ini adalah amat dari peraturan Menteri nomor 127 yang menyatakan kewajiban bandara untuk melaksanakan latihan untuk menjamin keamanan serta keselamatan bagi pengguna jasa," akunya.(Aur)



Kategori General Artikel .
Pengunggah : fahari